Sejarah Desa

SEJARAH  ADEKING DESA KARANGTENGAH

  1. SEJARAH DAN ARTI NAMA DESA KARANGTENGAH

Karangtengah adalah nama Kampung berada di tengah tengah  yang dikelilingi hutan rimba dan oro oro yang  di huni kurang lebih 500 Penduduk.

Kampoeng Karangtengah ada sejak sebelum tahun 1923 yang berada dibawah Kawedanan Ageng Surakarta Kaprentah Dening Asisten Wedono Ing Imogiri Surakarta, yang di esuhi oleh seorang Punguwo Karaton Surakarta berpangkat Bekel sepuh sampai dengan tahun 1923, Punggowo  berpangkat Bekel Sepuh digantikan seorang Lurah pada tahun 1924 di awali Pengangkatan Carik Desa pada Tahun 1923, Lurah Desa yang kebetulan asli berdomosili di Kampung Karangtengah dengan Nama Mangun Kariyo, maka mulai Tahun tersebut  Kabekelan Karangtengah berubah sebutan menjadi Desa Karangtengah yang di Pimpin se orang Lurah dan dibantu Carik  Desa yang masih berinduk di Kawedanan Ageng Surakarta. Kaprentah Dening Aisten Wedono Ing Imogiri Surakarta.

  1. SEJARAH PEMBENTUKAN DESA KARANGTENGAH

Berdasarkan Parentah Panewu Pangreh Projo ing Imogiri Surakarta angengeti dawuhe Tuwan KOMBOLIR ing ngayogyakarta naliko tanggal kaping 28 Desember  Tahun 1923, anentokake Marang Wong Kang jenenge R. Mangun Sugiyono Minongko Carik Desa ( Foto Copy bukti Kekancingan terlampir ) itu awal Desa Karangtengah ada Pemerintahan  namun belum berjalan semestinya dan belum di lengkapi Punggowo Desa Lainnya.

 Pada tanggal 22 November 1924 ditunjuk dan diangkatnya  Lurah;

Nama                                      : Magun Kariyo

Alamat                                    : Kabekelan Karangtengah/ Desa Karangtengah Distrik Imogiri

Adapun Para Punggowo baru Lurah dan Carik Desa Karangtengah dimaksud adalah :

Link Tekait